Cara Belajar yang Baik untuk Anak SMP

     Hai Hai!! Selamat datang di postingan blog Syalomytha!! Di blog postingan blog Syalomytha kali ini, Syalomytha membuat sebuah artikel seputar tehnik-tehnik yang baik dalam menemani sobat-sobat yang duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP).  
Nah, di artikel ini, Syalomytha akan menceritakan pengalamannya sesuai apa yang ia telah terapkan dalam tehnik-tehnik belajar berikut, sehingga sobat-sobat bisa yakin bahwa tehnik-tehnik ini dapat diterapkan dan membuat kemajuan dalam diri sobat.
     Oke, langsung saja Syalomytha memberikan beberapa trik dasar yang memang diwajibkan dan betul-betul berpengaruh pada dunia pendidikan sobat!

1. Mengelola Waktu dengan Baik.
     Dengan mengelola waktu dengan baik, semua aktivitas yang sobat lakukan dapat dilakukan dengan teratur, sehingga waktu belajar sobat pun dapat terasa efektif dan efisien. Coba sobat buat suatu jadwal harian yang sobat betul-betul lakukan pada hari-hari yang dituliskan jadwalnya, dengan begitu jadwal tersebut dapat mempermudah sobat dalam pengelolaan waktu dimana sobat dapat bermain, beristirahat, bermain gadget, namun juga dapat membantu pekerjaan rumah. Dan nanti, sobat akan merasakan, bagaimana belajar yang sangat-sangat nyaman dan tentu, sobat akan menjadi fokus. Nah, seperti apa yang Syalomytha bilamg tadi kan? "Dengan mengelola waktu dengan baik, maka waktu belajar akan terasa efektif dan efisien". Nah, sobat lakukan ya!

2. Buat Target.
     
Jangan lupa untuk membuat target dalam belajar supaya sobat memiliki suatu arahan. Bagaimana maksudnya? Sobat tetapkan target dalam satu hari harus belajar materi apa saja. Misalnya mengerjakan soal IPS sebanyak 25 soal, meringkas tugas Bahasa Inggris, dan sebagainya. Tapi, ingat! Kerjakannya satu-satu ya sobat!! Bertahap-tahap, satu-satu pengerjaannya, jangan Multitasking, agar nanti pikiran sobat dapat terarah dan memiliki peluang untuk fokus. Dan nanti, jika targetnya sudah tercapai, sobat bisa melakukan apa yang dinamakan Self Reward, dimana sobat memberikan apresiasi untuk diri sobat, seperti istirahat, pergi jalan-jalan, bermain game, dan lain sebagainya. Sungguh seru bukan?

3. Gunakan Metode yang Tepat.
     Nah, di sesi ini, Syalomytha ingin cerita sedikit nih, mengenai metode yang Syalomytha dapatkan dari You Tube oleh Nadine Lee, konten kreator asal Korea Selatan yang berhasil masuk ke Harvard University karena salah satunya tehnik yang ia miliki yaitu Metode Podomoro. 
Jadi, Metode Podomoro ini memilki konsep dimana kita memilki waktu belajar dan berisitirahat. 
Dibawah ini, Syalomytha telah menyiapkan tahap-tahapnya yaa!

1. Siapkan tugas yang ingin sobat kerjakan.

2. Atur timer sobat selama 25 menit.

3. Kerjakan tugas dengan fokus hingga timer berbunyi. Sobat tidak boleh mengerjakan hal lain ataupun melirik timer selama 25 menit ini.

4. Setelah timer berbunyi, berhentilah meskipun tugas yang sobat kerjakan belum selesai.

5. Kemudian istirahat selama 3 -5 menit dan lanjutkan mengerjakan tugas tersebut.

6. Setelah empat kali mengulang hal yang sama, sobat dapat memperpanjang istirahat menjadi 15-30 menit. 
Nah, langkah-langkah diatas merupakan Metode Podomoro yang selama ini Syalomytha terapkan, Syalomytha merasa bahwa ini adalah metode ini adalah metode yang sangat ampuh, dengan begitu juga Syalomytha berharap sobat sekalian merasa metode itu ampuh bagi sobat, sekian, terimakasih!

Hyperlink:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

About Me

UJIAN PRAKTEK